5 hal untuk mempercepat android kamu

Smartphone semaksimal apapun performanya, maka tetap saja akan menurunkan performanya ketika sudah lama digunakan dan tentunya disebabkan oleh beberapa faktor seperti misalnya cache, atau kurangnya maintenance. Kali ini Jalantikus akan membagikan cara mengoptimalisasikan smartphone Android kamu yang lambat.
  1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan
    Terkadang aplikasi yang didownload hanya dimainkan sebentar saja lalu tidak dibuka lagi. Aplikasi apapun baik yang digunakan maupun tidak digunakan akan berada pada app drawer dan akan memperlambat kinerja Android kamu apabila aplikasi tersebut berjalan di background dengan menggunakan resource CPU, menghabiskan memori dan juga membentuk fragmentasi pada storage. Sebaiknya jika memang sudah tidak digunakan lagi dihapus saja.
  2. Bersihkan storage Android
    Hal ini berkaitan dengan file-file pribadi seperti lagu, foto, video, dokumen, screenshot, atau hasil download. Jika kamu memiliki slot SD Card di Android sebaiknya memindahkan tempat penyimpanan di SD Card atau memindahkan ke PC sehingga tidak membebani memori internal Android kamu.
  3. Bersihkan Cache
    Cache di Android kamu akan dihasilkan oleh aplikasi atau hasil dari browsing. Memang hanya sedikit, tetapi jika terus menerus ditumpuk akan menghasilkan data sampah yang cukup besar. Sehingga sangat disarankan menghapus cache secara rutin. Bisa menggunakan Clean Master jika ingin lebih mudah.
  4. Cek SD Card
    Menggunakan SD Card yang tidak sesuai baik dari kapasitas yang dianjurkan atau kelas yang rendah juga membuat performa smartphone Android kamu dapat menurun bahkan cenderung melambat. Beberapa SD Card juga membuat Android kamu menjadi lambat setelah lama digunakan, dan cara untuk memperbaikinya adalah dengan membuat data backup lalu format SD card tersebut. Setelah itu data backup kembali dimasukkan ke SD Card.
  5. Factory Reset
    Masih lambat juga setelah melakukan 4 cara diatas? Sepertinya harus di factory reset.
5 cara diatas bisa kamu jadikan acuan untuk mengoptimalkan smartphone Android kamu agar kembali ke performa yang lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar