Jepang Bangun 30 Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Fukuoka - Bencana gempa bumi dan Tsunami di lepas pantai Jepang pada 2011 silam membawa kecelakaan nuklir ke kota-kota yang terkena dampaknya. Alhasil, Jepang masih kesulitan dalam memberikan pasokan listrik yang dibutuhkan oleh tiap warganya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Jepang berencana untuk beralih ke teknologi lain, yakni dengan menggunakan tenaga surya. Sebelumnya, beberapa keluarga di Jepang sudah melakukan hal yang sama memanfaatkan tenaga surya yang dipasang di atap rumah mereka untuk menghasilkan listrik sendiri.

Dengan disponsori oleh dua perusahaan besar, Kyocera Corp dan Century Tokyo Leasing Corp, pemerintah Jepang berencana akan mendirikan 30 stasiun panel surya yang rencananya akan dipasang di atas kolam.

Seluruh stasiun panel surya tersebut nantinya akan dibangun di atas pulau buatan yang mengapung di atas kolam, demikian lansir Digital Trends.

Kedua perusahaan tersebut berharap masing-masing stasiun panel surya tersebut dapat menghasilkan energi bersih sekitar 2 megawatt. Itu artinya, jika dijumlah total keseluruhan, 30 stasiun panel surya dapat menghasilkan energi bersih sekitar 60 megawatt.

Energi bersih 2 megawatt yang dihasilkan oleh satu buah stasiun, diklaim mampu mencukupi kebutuhan listrik untuk 300 rumah tangga.

Proyek pembangunan 30 stasiun panel surya ini rencananya akan dibangun pada awal September dan diperkirakan akan selesai pada akhir April 2015.

0 komentar:

Posting Komentar