Solusi Waktu Daftar Tidak Mendapatkan Email Konfirmasi dari Panselnas


Pendaftaran CPNS 2014 dengan sistem single entry di portal panselnas menpan.go.id memang masih jauh dari kata sempurna, banyak sekali keluhan yang disampaikan oleh para pelamar tentang sistem pendaftaran CPNS online tahun ini.
Salah satunya adalah masalah belum mendapatkan email konfirmasi setelah melakukan pendaftaran di portal panselnas, seperti yang dialami oleh salah satu pelamar Yusriadi, Amd.Kep yang merupakan lulusan dari Akademi Keperawatan Jabal Ghafur Sigli.
“Saya sudah mengisi formulir registrasi, tapi tidak dapat email konfirmasi dari Panselnas,” kata Yusri, saat datang ke media center Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rabu (3/9/2014) kemarin seperti ditulis di JPNN,
Menanggapi permasalahan tersebut, Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman mengatakan, pelamar yang belum menerima email konfirmasi dapat langsung login ke instansi yang dituju minimal 1×24 jam setelah pengisian formulir registrasi.
“Login ke instansi yang dituju menggunakan username yakni NIK dan password yang sama seperti saat pelamar melakukan input saat pengisian formulir registrasi,” ujarnya.
Ditambahkan mantan pejabat Sumedang ini, email akan tetap dikirimkan karena itu pelamar dimohon untuk bersabar. Jika email notifikasi dari Panselnas tidak terkirim pelamar dapat menggunakan mode “cari” yang terdapat dalam halaman formasi CPNS 2014.
Sekedar mengingatkan saja untuk alur pendaftaran CPNS 2014 adalah sebagai berikut:
Pendaftaran CPNS 2014 ini menggunakan sistem baru dimana untuk pendaftaran calon peserta baik untuk instansi pusat maupun daerah diwajibkan registrasi secara online di portal panselnas yang beralamat di www.panselnas.menpan.go.id setelah berhasil mendaftar para peserta akan mendapatkan email balasan dari panselnas, langkah selanjutnya peserta wajib melakukan login ke situs sscn.bkn.go.id atau situs instansi tersebut untuk melengkapi data serta untuk melakukan print tanda peserta seleksi.
Banyak kendala yang biasa dihadapai oleh para peserta, misalnya tidak menerima email balasan dari panselnas solusinya silakan mencari email konfirmasi tersebut dalam kotak spam di akun anda.
Selain itu ada lagi kasus peserta tidak bisa login di situs sscn.bkn.go.id, dan untuk solusinya peserta diwajibkan menunggu selama 24 jam terlebih dahulu sebelum login ke sscn.bkn.go.id seperti yang dipaparkan panselnas beberapa saat yang lalu.

0 komentar:

Posting Komentar