MMM, Yang Gabung Terakhir Buntung

Skema Ponzi Ala MMM, yang Gabung Terakhir Buntung

Skema 'investasi' MMM alias Manusia Membantu Manusia (MMM) tengah hangat diperbincangkan. MMM, yang aslinya singkatan dari Mavrodi Mondial Moneybook, berani memberikan keuntungan hingga 30% per bulan. Pada dasarnya, MMM adalah 'investasi' dengan skema Ponzi. Sistem MMM hanya mengandalkan perputaran uang di antara para anggotanya.

Risiko ini disadari oleh para anggotanya, termasuk Nodi. Pria ini sudah menjadi manajer MMM dengan bawahan (downline) mencapai 1.000 orang.

"Saya sudah setahun join MMM, sekarang menjadi Manager 1.000. Awalnya saya join dengan modal Rp 1 juta, dan setelah tahu aturan mainnya saya putuskan untuk PH (Provide Help atau mengirim uang) Rp 100 juta," kata Nodi seperti dikutip Rabu (13/8).

Namun, akhir-akhir ini Nodi mulai kesulitan. Pembayaran uang plus keuntungan 30% yang biasanya lancar sejak Juli sudah mulai tersendat. "Ada yang gagal bayar, terutama bonus manajer," tegasnya.

Nodi pun akhirnya menyarankan sebaiknya seseorang harus memahami sistem kerja MMM sebelum memutuskan bergabung. "MMM itu skema Ponzi atau gali lubang tutup lubang. Sebaiknya jangan join program yang beginian karena member yang gabung di awal pasti untung dan yang terakhir buntung," sebutnya.

Skema Ponzi adalah permainan uang yang mengandalkan orang lain dalam melipatgandakan uang. Contohnya, satu klien bisa mendapat untung jika ada klien baru yang memasukan uang, begitu seterusnya.

Jika suatu saat tidak ada lagi klien yang mau memasukan uang, maka di situlah permainan berakhir. Karena dalam skema ini tidak ada investasi, tidak ada barang, tidak ada bisnis. Murni hanya perputaran uang secara massal yang digerakan oleh para anggotanya sendiri.

Artinya, keuntungan yang didapat benar-benar hanya mengandalkan kerelaan orang lain. Biasanya, supaya orang lain mau bergabung maka harus ada iming-iming keuntungan yang tinggi dan kisah keberhasilan mereka yang sudah sukses bermain uang.

( http://medanbisnisdaily.com )

0 komentar:

Posting Komentar